Minggu, 30 Desember 2012

CERDAS MENGENALI TIPE JENDELA


Jendela merupakan salah satu unsur penting saat kita melihat sebuah rumah. Ketika kita tertarik atau ingin membeli, selain karena tampilan keseluruhan rumah tersebut, jendelalah yang sering kali menjadi pertimbangan kita. Terlebih untuk rumah di negara tropis indonesia tercinta ini...! Jendela pada dasarnya berfungsi sebagai aksen udara dan cahaya di dalam rumah yang penting untuk menjaga kelembaban ruangan.

Nah sehubung dengan fungsi tersebut, ada tipe-tipe jendela loh sesuai bentuk dan cara menggunakan jendela tersebut. nih simak yaa....!
  1. Fixed window, atau bisa disebut juga jendela mati adalah tipe jendela tidak berventilasi sehingga hanya bisa memasukkan sumber cahaya. Karena tidak bisa memasukan sirkulasi udara, pengguna tipe jendela ini sebaiknya perlu dipertimbangkan sebaik mungkin. Jangan karena bagus dilihat,tapi tempatkan sesuai fungsinya di rumah.
  2. Sliding window, sesuai dengan namanya sliding window atau jendela geser dibuka ditutup dengan cara digeser secara horizontal.
  3. Casement window, atau jendela ayun memiliki daun jendela yang salah satunya terkait dan dioperasikan dengan cara diayun ke luar atau ke dalam. Kelebihan jendela ini mampu menyediakan bukaan 100 persen.
  4. Awning Dan Hopper, tipe ini memiliki prinsip kerja yang mirip dengan jendela ayun, hanya saja sisi jendela yang dikaitkan adalah sisi atas atau bawahnya.
  5. French window, adalah tipe jendela dengan sepasang ayun yang dapat juga berfungsi pintu keluar masuk. Dengan fungsi ganda jendela tipe ini cocok untuk dipasang di kamar tidur. Karena sebagian besar bukaan mengarah kedalam. Biasanya aplikasi jendela ini menghadap ke taman yang berdekatan dengan kamar tidur.
  6. Pivoted window, merupakan tipe jendela yang daun jendelanya dapat berputar 90 derajat atau 180 derajat secara horizontal maupun vertikal.
  7. Jalousie window, adalah jendela yang memiliki pelat pelat panjang horizontal dari kayu yang tersusun rapat.
  8. Bay window, sesuai namanya tipe jendela bay window selalu menjorok ke depan.
  9. Ox-Eye, adalah jendela kecil yang berbentuk lingkaran, bundar, atau oval sering disebut juga qiel de boeuf window. Aplikasi tipe jendela ini sering terlihat menggunakan elemen kaca patri atau kaca warna warni.
  10. Ribbon window, tipe jendela ini selalu berbentuk horizontal yang memanjang seperti pita. keberadaan ribbon window menjadi salah satu ciri bangunan bergaya minimalis modern.
Semoga informasi ini bermanfaat. Sekarang lihatlah jendela yang ada dirumah sobat, tipe apakah jendela-mu??? :) :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Forum Tukar Link

Untuk para Sahabat yang mau tukar link dengan Blog ini dapat dilakukan secara otomatis. Caranya : Silahkan masukan nama dan alamat URL blog anda lalu klik Enter . Insya Allah secara otomatis linknya akan langsung terpasang di Interior Rumah ini.