Kamis, 16 Desember 2010

Ciptakan sebuah kamar tidur yang sehat dan Nyaman

Hi sobat ,pertama tama saya ucapkan terimakasih ya karena telah memilih situs ini sebagai pilihan anda. Karena saya akan berbagi tips mengenai kamar tidur yang sehat. Kenapa kamar tidur anda harus sehat?? tentu saja harus sehat,nyaman,bersih. Karena diruangan inilah pemilik kamar tidur menghabiskan separo waktunya delapan sampai sepuluh jam dalam sehari untuk merebahkan badan, memulihkan stamina dan mengendurkan otot setelah bekerja. Apalagi anda adalah termasuk pekerja keras yang banyak menguras tenaga. Agar aktivitas tersebut berjalan optimal, kamar tidur haruslah memenuhi syarat kesehatan, yaitu ada sirkulasi udara, cahaya, dan bersih. Disebelah manapun letak kamar tidur anda, cahaya matahari mutlak diperlukan. oleh karena itu, bila anda berniat membangun rumah atau membeli rumah siap pakai dari pengembang, yang perlu anda perhatikan adalah di mana letak kamar tidurnya dan cukupkah sinar matahari menerangi kamar tersebut.

Sinar matahari sangat dibutuhkan agar kamar tidur tidak lembab, dan dinding kamar tidak berjamur akibat bakteri atau kuman yang mungkin terdapat dalam kamar. Makin banyak sinar matahari yang  masuk, makin baik. Oleh karena itu, sangat di anjurkan untuk membuka jendela kamar pada pagi hari antara jam 6 dan jam 8. Pada waktu tersebut udara masih segar, sehingga terjadi sirkulasi udara yang lebih baik. Membuat ruangan tidak pengap atau berbau apak.

Meskipun setelah jam 8, kemungkinan akan lebih banyak debu yang masuk ke dalam kamar, biarkan jendela tetap terbuka agar sirkulasi udara segar dari luar tetap bisa berlangsung. Apakah anda memasang AC di kamar? Hal tersebut juga sama harus di terapkan metode seperti diatas. Setidak -idaknya sampai dengan jam 10 ketika udara mulai gerah, agar kamar mendapatkan kesempatan sebanyak-banyaknya memperoleh udara segar dari luar setelah semalaman tertutup rapat.

Idealnya kamar tidur harus memiliki jendela pada kedua sisi, misalnya yang satu di sisi utara, satu lagi di sisi barat atau timur. Dengan demikian, praktis pada pagi hari, bila anda membuka jendela, matahari memancarkan cahayanya ke seluruh kamar. 

Namun bagaimana jika anda hanya memiliki satu jendela?? jika memiliki satu sisi jendela, jangan berkecil hati, yang perlu anda lakukan adalah menempatkan tempat tidur dan perabotan lain dengan saksama sehingga tidak menghalangi sinar matahari.

Selain dari jendela, sinar matahari bisa kita dapatkan melalui lubang angin, dinding kaca atau skylight. Skylight  dapat dibuat dengan memasang beberapa genteng kaca atau pun fiberglass transparan. Fiberglass harus prima, agar tidak kusam. Pemasangan genteng kaca harus cermat dan benar-benar baik untuk mencegah jatuhnya genteng. Sebagai pengaman lainnya untuk menghindari kecelakaan, anda sebaiknya tidak meletakan tempat tidur atau perabot lain langsung di bawah atap kaca.

Nah, sekarang setelah anda tau bagaimana membuat kamar anda nyaman dan sehat, berikut saya berikan tips membersihkan kamar tidur, agar kesehatan kamar tidur tetap terjaga.
  1. Rutin dilakukan setiap hari
  • Tempat tidur dirapihkan dengan sapu lidi khusus untuk tempat tidur 
  • Bantal guling dirapihkan dan ditata kembali
  • Kalau anda menggunakan penutup tempat tidur, atau selimut, ditata di tempat semula, seperti sebelum terpakai.
  • Perabotan yang ada di kamar dilap, termasuk jendela dan pintu.
    2. Berkala dilakukan seminggu sekali
  • Kasur, bantal, dan guling di angin anginkan
  • seprai diganti
  • lemari baju dibuka agar udara masuk
  • laci lemari dibersihkan
     3. Dilakukann tiga bulan sekali
  • AC dibersihkan atau diservis
  • Gording/tirai dicuci
  • Lemari pakaian diatur kembali isinya   
Selamat mencoba dan rasakan kamar tidur anda sekarang terasa di surga... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Forum Tukar Link

Untuk para Sahabat yang mau tukar link dengan Blog ini dapat dilakukan secara otomatis. Caranya : Silahkan masukan nama dan alamat URL blog anda lalu klik Enter . Insya Allah secara otomatis linknya akan langsung terpasang di Interior Rumah ini.