Sabtu, 23 Juni 2012

PEMANIS DI SUDUT RUMAH

Jika selama ini unsur dekorasi interior dan eksterior hunian lebih banyak mengandalkan aksesoris desain, seperti lampu , ornamen patung, atau lukisan, mengapa tidak sekali-kali bermain-main dengan ragam tanaman? Selain bisa menjadi salah satu element dekorasi, kehadiran tanaman juga membuat rumah terlihat asri, sejuk dan nyaman.

Ada banyak cara untuk menghadirkan unsur tanaman di rumah. Dimulai dari area aksterior. Sekecil apa pun sisi lahan yang tersedia untuk taman, tetap bisa dimanfaatkan untuk menambah unsur kehijauan.

Salah satu cara menyiasati lahan yang mungil adalah bermain-main dengan tanaman pot yang bisa dikreasikan dalam bernagai cara. Tata pot-pot tersebut berdasarkan jenis atau ukuran, bisa juga dengan memerhatikan komposisi bentuk dan warnanya. Saat ini banyak rak pot dengan desain unik untuk mendukung gaya desain rumah secara keseluruhan. Ada yang mengentalkan gaya modern minimalis, klasik, ataupun untuk konsep eklektik. Perhatikan pula tinggi tingkatan rak pot, agar penyusunannya disesuaikan dengan komposisi lahan dan ukuran tanaman.

Sebagai tambahan bisa pula menggantungkan pot di beberapa sisi. Pilih tanaman pot yang bersifat merambat sehingga tanaman tumbuh menjuntai ke bawah dan memberi efek dramatis pada area aksterior rumah. Cara ini pun bisa diterapkan untuk mempercantik apartement ataupun rumah susun yang memiliki area balkon. Selain memperindah kehadirannya juga menjadi cara untuk menyaring debu yang masuk kedalam hunian. 

Bagian Interior pun tak ketinggalan dihiasi dengan tanaman. cara termudah adalah meletaka vas bunga di tengah meja tamu, area foyer, ataupun di ruang tengah. Warna warnicantik yang ditampilkan bunga-bunga tersebut dapat menyegarkan suasana atau bahkan menjadi focal point dalam ruangan. Selain itu aromanya enjadi pengharum ruangan alami. 

Selain dengan bunga, tanaman dalam pot juga bisa dihadirkan dengan diletakan disudut-sudut ruangan atau menjadi salah satu cara untuk memberi efek pemanis antar ruang. Cobalah gunakan desain pot memanjang dengan warna sedikit menonjol, padukan dengan tanaman berwarna hijau terang atau memiliki paduan warna hijau-putih atau hijau kemerahan yang terlihat kontras dengan nuansa ruang. Tanaman pun berfungsi sebagai aksen yang memisahkan ruangan satu dengan lainnya. [ADT]

Selamat mencoba ya... jangan lupa comment nya... :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Forum Tukar Link

Untuk para Sahabat yang mau tukar link dengan Blog ini dapat dilakukan secara otomatis. Caranya : Silahkan masukan nama dan alamat URL blog anda lalu klik Enter . Insya Allah secara otomatis linknya akan langsung terpasang di Interior Rumah ini.