Rabu, 05 Januari 2011

TIPS MENATA RUANG KERJA DI KAMAR TIDUR

Kamar tidur minimalis yang nyaman merupakan dambaan setiap orang. Tetapi kriteria nyaman bagi setiap individu tentu berbeda. Arti nyaman dalam hal ini adalah tersedianya fasilitas tertentu yang dibutuhkan oleh pemilik kamar. Namun demikian, penambahan fasilitas tersebut jangan terlalu dipaksakan bila pada akhirnya ruang gerak di kamar tidur anda menjadi terbatas sehingga kenyamanan yang diinginkan tidak tercapai. Fasilitas tambahan yang didambakan banyak orang antara lain adalah sudut kerja, perangkat TV dan audio, sofa untuk membaca, dan kamar mandi.

Bagi anda yang sering membawa pekerjaan yang harus dikerjakan dirumah, kemungkinan akan memerlukan meja kerja dan komputer/laptop di kamar tidur. Sebaiknya pengaturan pencahayaan harus diselaraskan. Pertimbangkan pula kenyamanan pasangan anda bila anda harus bekerja sampai larut malam. Usahakan agar cahaya lampu meja kerja maupun bias monitor komputer tidak menyorot langsung ke arah tempat tidur.

Bagi orang yang aktivitasnya sangat tinggi, setiba di rumah mungkin ia ingin segera beristirahat dikamar tidur sambil menikmati musik atau menonton televisi. Penempatan pesawat televisi berikut sound system tentu perlu perencanaan yang cermat, agar pandangan si pemilik kamar ke arah pesawat teve tidak terhalang oleh lalu lalang orang, juga kabel-kabel tidak berseliweran. Untuk keperluan ini anda perlu menyediakan sakelar yang jumlahnya memadai. Selain kabel yang harus anda perhatikan, meja/rak televisi pun penting. Alangkah bagusnya jika rak televisi dirancang dengan kaki yang beroda. Ini sangat fleksibel untuk dipindahkan sesuai kabutuhan.

Bila memungkinkan tak ada salahnya anda menghadirkan perangkat duduk untuk bersantai di dalam kamar tidur. Pertimbangkan ukuran perangkat duduk tersebut, juga desain dan warnanya agar menyatu dengan susunan kamar tidur. Kemudian di mana meletakan dan bagaimana menatanya?? Semua ini perlu direncanakan agar kamar tidur tetap berkesan lapang. Tapi tenang saja....anda ada di blog ini berarti anda tak usah khawatir. Karena saya akan memberikan denah gambaran tatak ruang untuk kamar tidur.

Oke sebelum saya memberi denahnya, kita lanjut dulu pembicaraanya ya.. :)
Nah,aspek apa saja yang perlu diperhatiakn bila kamar mandi menjadi bagian dari kamar tidur? Di sini ada perpaduan dua unsur yang berbeda. Kamar tidur adalah unsur kering, sementara kamar mandi adalah unsur basah. Usahakan agar lantai kamar manndi selalu bersih dan kering, tidak licin. Sirkulasi kamar mandi harus baik supaya tidak lembab dan berbau. Letak kloset/jamban sebaiknya tidak terlihat ketika pintu kamar mandi terbuka.

DENAH
Oke sesuai janji saya akan memberikan denah. Ini bisa mempermudah perencanaan tatak letak perabot, supaya anda ada bayangan. Selain itu,perencanaan melalui denah juga akan menghemat waktu dan biaya karena perabot yang dibeli akan sesuai dengan tempat dan anggaran yang tersedia.

Denah dibawah ini hanya contoh misalkan untuk skala 1:50, maksudnya untuk tiap panjang 50 cm ukuran asli, cukup digambar dengan panjang 1 cm di atas denah. Tentunya akan berbeda pula dengan denah yang akan anda buat nanti, tergantung ukuran kamar tidur anda.
Di kertas yang berbeda, dengan skala yang telah di tentukan, gambarlah perabotan yang akan dibeli atau yang sudah anda miliki, misal tempat tidur, televisi, lemari, dan lain-lain. Lalu gambarlah. Ini nih yang sudah jadi denahmya...

 gambar denah tatak letak ruang kamar tidur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Forum Tukar Link

Untuk para Sahabat yang mau tukar link dengan Blog ini dapat dilakukan secara otomatis. Caranya : Silahkan masukan nama dan alamat URL blog anda lalu klik Enter . Insya Allah secara otomatis linknya akan langsung terpasang di Interior Rumah ini.